Minggu, 18 Januari 2015

Ternyata Ada Bintang Yang Lebih Besar Daripada Matahari Kita




          Apa kalian tahu matahari sebenarnya itu apa?..Pastinya kalian semua sudah tahu, karena setiap hari mataharilah yang menerangi kita dari pagi hingga menjelang malam, tapi lebih dari itu matahari adalah bintang yang bentuknya nyaris bulat yang berdiameater sekitar 1.392.684 km, kira kira 109 kali diameter Bumi. Dan memiliki suhu 15.000.000 derajat Celsius pada inti dalam, sedangkan pada inti luar suhu mencapai 7.000.000 derajat Celsius.


matahari
Perbadaan Besar Matahari dengan Planet yang ada di Galaksi Bima Sakti


           Pasti kalian semua berfikir bahwa matahari itu benar benar sangat besar kan, tapi ternyata ada bintang yang lebih besar dari matahari yang kita punya. baiklah saaya akan menjelaskannya sebagai berikut:


1. Sirius

Sirius
Perbandingan Besar Sirius dengan Matahari

Sirius merupakan bintang yang sangat cerah dibandingkan dengan matahari kita yang terletak di rasi Canis Mayor. Sirius memiliki diameter jauh lebih besar dari matahari kita yaitu sekitar 2,380,000 km dan berjarak sekitar 8,6 tahun cahaya dari bumi. Saat yang paling baik untuk melihat bintang ini pada tanggal 1 Januari.

2. Pollux


Pollux
 Perbandingan Besar  Pollux dengan Sirius, Matahari 

Pollux juga disebut Beta Geminorum, adalah bintang raksasa jingga yang berada di rasi Gemin dan berjarak 34 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini juga memiliki diameter 8 kali dari Matahari atau sekitar 11,128,000 km. dan mamiliki tingkat Kecemerlangan (Luminosity) sebesar 32 kali dari matahari yang artinya bintang ini 32 kali lebih terang daripada matahari. Karena  bintang Pollux ini  lebih masif daripada Matahari, bintang ini diperkirakan ber usia lebih tua daripada Matahari.

3.Arcturus



Arcturus
 Perbandingan Besar Arcturus dengan Pollux, Sirius, Matahari  

Arcturus atau bintang Biduk adalah bintang paling terang di rasi Boötes. Dan merupakan bintang paling terang ketiga di langit malam. Bintang Arcturus ini meliliki diameter sekitar 35.748.700 km yaitu sekitar 26 kali ukuran matahari kita. Secara visual Arcturus setidaknya 110 kali lebih terang daripada Matahari.Selain  itu Arcturus berjarak 43,9 tahun cahaya dari bumi. Saat yang paling terbaiknya untuk melihat bintang ini adalah sekitar bulan April, di saat bintang ini mencapai meridian pada tengah malam. 

4. Aldebaran



Aldebaran
Perbandingan Besar Aldebaran dengan Matahari

Aldebaran merupakan bintang paling terang dalam rasi bintang Taurus. Dan karena lokasinya berada tepat di kepala Taurus maka bintang ini dijuluki sebagai Bull's Eye. Bintang ini berjarak sektar 65 tahun cahaya dari bumi. Selain itu Aldebaran adalah salah satu bintang paling terang dalam langit malam. Dengan diameter 44.2 kali lebih besar dari diameter Matahari yaitu sekitar 61.482.200 km, bintang ini jadi bintang yang paling mudah ditemukan di langit.

5. Rigel


Rigel
Perbandingan Besar Rigel dengan Aldebaran

Rigel merupakan bintang paling terang di rasi Orion dan bintang paling terang keenam di langit malam. Bintang ini memiliki diameter 78 kali lebih besar dibandingkan matahari yaitu sekitar 108.498.000 km. Dan berjarak sekitar 770 tahun cahaya dari bumi.

6. Pistol Star


Pistol Star
Pistol Star

Pistol Star atau Blue hypergiant merupakan salah satu bintang paling terang yang dikenal di Galaksi Bima Sakti. Bintang ini terletak sekitar 25.000 tahun cahaya dari Bumi ke arah Sagitarius. Dengan diameter sekitar 372,000,000 hingga 560,000,000 km. Bintang ini akan terlihat dengan mata telanjang sebagai bintang magnitudo keempat. 

7. Antares A

Antares
Antares
Antares merupakan bintang super raksasa merah pada rasi bintang scorpio dalam galaksi Bima Sakti dan bintang paling terang ke-16 pada langit malam. Diameter bintang ini jauh lebih besar dari matahari yaitu 883 kali lebih besar atau Sekitar 1,229,136,000 km. Dan memiliki jarak sekitar 550-600 tahun cahaya dari bumi.

8. Mu Cephei A


Mu Cephei A
Mu Cephei A
Mu Cephei merupakan bintang merah raksasa bertipe M2Ia (red supergiant star) pada rasi bintang Cepheus. Diametet bintang ini sekitar 1600 - 1900 kali lebih besar daripada matahari atau sekitar 2,644,800,000 km dan lebih besar 649.800 kali dari bumi. Bintang Mu Cephei berada pada jarak sekitar 5258 tahun cahaya dari Bumi.Selain itu bintang ini 275,000-575,000 kali lebih bercahaya dari matahari kita di Galaksi Bima Sakti. Jika bintang ini ditempatkan di pusat tata surya kita dan menggantikan matahari maka kemungkinan panjangnya akan sampai di orbit planet Jupiter dan menelan planet planet sebelum Jupiter, termasuk Bumi.

9. VY Canis Majoris

VY Canis Majoris
Perbandingan Besar VT Canis Majoris dengan Matahari
VY Canis Majoris merupakaan bintang maha maharaksasa merah yang terletak di rasi Canis Major.  Bintang ini merupakan salah satu bintang terbesar dan juga merupakan salah satu bintang paling bercahaya yang pernah diketahui selama ini. Dengan diameter 1800 sampai 2100 kali radius Matahari atau sekitar 2,923,200,000 km. Dan berjarak sekitar 4900 tahun cahaya dari bumi.

Suhu permukaan bintang ini lebih dingin dibandingkan dengan matahari yang suhu permukaannya mencapai 5800 K, namun suhu permukaan bintang ini hanya 3000 K. Jika matahari digantikan dengan bintang ini, maka bintang ini kemungkinan dapat mencapai orbit saturnus.

Daripada saya menjelaskan lebih panjang lebar silahkan lihat Video yang sudah saya siapkan untuk anda semua ...









Sekian Atas Postingan Saya pada kali ini. Jika ada kesalahan mohon di maafkan. jika ada kritik, saran, maupun pesan silahkan disampaikan. Terima Kasih

"Semoga  Informasi Ini Bermanfaat"

2 komentar:

Blogger Pages

Text Widget

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

About

TechClue

Techclue Is A Multi layout Style Blogger Template. You Can Use This Template For Education Site As Well As For Simple Magazine Sites. Techclue Is The Perfect Combination Of Design.We install Lots Of Features Like Responsive Layout, SEO Optimization Etc.