Minggu, 15 Februari 2015

Kenapa Mars berwarna merah?


     Sebenarnya Planet Mars bisa berwarna karna apa?
     Jawaban sebenarnya juga sederhana yaitu karena permukaannya mengandung banyak iron oxide, bahan yang memberi warna merah pada darah dan karat.
     tapi kenapa bisa banyak iron oxide di permukaan Mars? Untuk menjawab itu kita perlu kembali ke 4,5 milyar tahun lalu. Saat terbentuk planet-planet, sekumpulan besi terdapat pada semua planet muda. Besi di bumi tenggelam ke dalam intinya, namun besi di Mars menurut pendapat ilmuwan NASA tetap berada pada permukaan. Hal tersebut disebabkan Mars memiliki gravitasi yang lebih rendah.

     Dari informasi yang didapat dari Msnbc.com (08/08) para ahli berpendapat awal mulanya Mars terlihat lebih gelap. Warna Mars berubah menjadi merah setelah besi di permukaan Mars teroksidasi.

     Sebenarnya para ahli masih belum menemukan jawaban akurat mengenai asal proses oksidasi di Mars. Ada ahli yang berpendapat terjadi badai saat Mars masih muda sehingga besi dan oksigen dari air bereaksi. Ada pula yang berpendapat proses oksidasi Mars berlangsung selama miliaran tahun, yang mana oksigen berasal dari pemecahan karbon dioksida oleh matahari.

     Karena belum ada yang tahu pasti maka asal warna merah Mars masih menjadi misteri. Namun yang pasti permukaan Mars mengandung iron okside sehingga nampak merah karena menyerap gelombang biru dan hijau dan memantulkan gelombang merah.

1 komentar:

  1. Mars memang sangat menarik perhatian.

    Tapi, kita juga harus sekolah tinggi dan berkuliah dengan beasiswa

    BalasHapus

Blogger Pages

Text Widget

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

About

TechClue

Techclue Is A Multi layout Style Blogger Template. You Can Use This Template For Education Site As Well As For Simple Magazine Sites. Techclue Is The Perfect Combination Of Design.We install Lots Of Features Like Responsive Layout, SEO Optimization Etc.